Pages

Jumat, 05 Agustus 2011

Penyerapan (absorption)

zat-zat sari makanan yang telah dipecah secara hidrolisis enzimatis dari molekul besar menjadi molekul yang lebih kecil, seperti polisakarida menjadi glukosa atau protein menjadi asam-asam amino dan lipida menjadi khilomikron akan diabsorpsi oleh dinding mukosa usus. proses absorbsi dapat berlangsung dengan cara :
  1. Filtrasi, terjadi karena adanya tekanan hidrostatik mendorong air melintasi membran sel, dan molekul-molekul zat terlarut akan ditranspor bersama-sama air, tergantung besar kecilnya zat terlarut.
  2. Osmosis, yaitu proses difusi air melintasi membran sel, disini membran bersifat permeabel untuk molekul air, tetapi tidak untuk molekul zat terlarut, sedangkan arah difusi berlangsung menuju ke tempat dengan konsentrasi tinggi dari zat terlarut.
  3. Difusi, merupakan akibat gerakan random dan benturan antar ion atau antara molekul, sebagai proses pasif gerakan ion atau molekul terlarut yang bergerak dari tempat konsentrasi tinggi menuju ke tempat konsentrasi rendah.
  4. Difusi Terbantu, untuk substrat tertentu absorpsi dapat berlangsung bila terdapat adanya protein-protein integral yang membantu masuknya molekul-molekul tertentu, misal absorpsi ion-ion NO3-, HCO3-.
  5. Transpor Aktif, yang membutuhkan energi ATP, seperti absorpsi untuk vit.B12, ion Ca2+, ion Mg2+, dan ion SO4'2-, disini termasuk proses kountertranspor yaitu keluar masuknya ion Na+ dan ion K- yang berlawanan arah yang juga membutuhkan energi ATP.
  6. Kontranspor : misalnya absorpsi glukosa akan dipermudah bila bersama-sama dengan ion Na+.

Sumber :
Buku Materi Perkuliahan Fisiologi Hewan FKIP BIOLOGI UNIVERSITAS KUNINGAN

Tidak ada komentar: