Pages

Rabu, 03 Agustus 2011

Struktur membran sel

membran sel sangat tipis dan halus, tebalnya antara 6 sampai 10 nm. membran sel mengandung lipid,protein dan karbohidrat. bagian terbesar dari membran sel adalah fosfolipid, protein, glikolipid dan kolesterol. ada beberapa teori model membran sel yaitu :
  1. Model membran lipida dua lapis, model ini dikemukakan oleh Event Gorter dan F. Grandel (1925), menurut teori ini membran sel merupakan lapisan lipida dua lapis yang berkesinambungan penuh.
  2. Model membran lipida mozaik, menurut Hober (1946) lapisan lipida dua lapis ini tidak berkesinambungan, namun terdapat celah-celah yang membentuk pori-pori halus dengan demikian dapat melakukan zat-zat yang bersifat polar.
  3. Model membran Pauci-molekuler, model ini dikemukakan oleh Danielli dan Davson (1935) yang dikembangkan oleh Robertson. menurut teori ini terdapat protein pembatas pori-pori yang menutupi lapisan luar dan lapisan dalam dari membran lipida dua lapis yang tidak berkesinambungan penuh.
  4. Model membran mozaik cair, model ini dikemukakan oleh Singer (1974) menurut Singer lapisan lipida dua lapis ini tidak seluruhnya berkesinambungan,dan pada beberapa tempat terdapat protein yang terletak perifer maupun yang integral.

Tidak ada komentar: