Pages

Rabu, 03 Agustus 2011

Protein membran dan fungsinya

Jumalah protein pembangun membran sel yaitu sekitar 55% dari berat seluruh membran sel. Bagian besar merupakan protein integral yang terletak tersebar dan melintang dapat setebal membran sel atau melebihi yang disebut protein transmembran. selebihnya merupakan protein porifer, protein ini terletak pada permukaan luar maupun dalam dari membran sel. Membran protein dapat berfungsi sebagai :
  1. Protein jangkar (anchoring proteins), protein ini berfungsi untuk menghubungkan atau mengikat antara membran sel satu sama lain, ataupun dengan struktur-struktur lain yang terdapat disebelah dalam atau disebelah luar membran sel seperti dengan sitokelet9rangka sitoplasma) sebagai anyaman filamen yang memperkuat sitoplasma.
  2. Protein pengenal (recognation proteins), protein ini berfungsi untuk mengenali atau mengidentifikasi terhadap molekul-molekul protein lain seperti sel-sel pada sistem imun, protein pengenal ini berupa glikoprotein.
  3. Enzim, dapat mengkatalisir reaksi-reaksi kimia yang terjadi baik dicairan ekstraseluler maupun didalam sitosol, tergantung dari letak enzim dan active site nya.
  4. Protein reseptor (reseptor proteins)
  5. Protein pembawa (carrier proteins), berfungsi mengikat zat terlarut dan membawanya melintasi membran.
  6. Protein penyalur (chanel proteins),

Tidak ada komentar: