Pages

Jumat, 05 Agustus 2011

Proses aktifitas makanan

secara umum dalam melakukan aktifitas makanannya berlangsung proses-proses sebagai berikut :
  • ·         Ingestion (ingesti) : dimulai dari saat materi masuk kesaluran pencernaan melalui mulut. Ingesti merupakan suatu proses aktif, termasuk kesadaran memilih dari pengambilan keputusan untuk dimakan atau dimuntahkan kembali.
  • ·        Digestion (pencernaan) : proses pemecahan materi makanan secara kimia (enzimatis) menjadi fragmen organic atau molekul yang lebih halus agar dapat diabsorpsi oleh dinding mukosa usus.
  • ·         Absorption (penyerapan) : gerakan substrat organic, elektrolit (anorganik), vitamin dan air melalui epitel mukosa usus ke cairan intersisiel saluran pencernaan.
  • ·         Exretion (ekskresi) : proses eliminasi sisa produksi dari tubuh saluran pencernaan dan kelenjar-kelenjar pencernaan mengsekresikan sisa produksi dan sekresi ke lumen saluran pencernaan, kebanyakan dari dari sisa zat buangan ini bercampur dengan residu yang tak tercerna untuk dibuang.
  • ·         Defication (defikasi) : proses pengeluaran sisa zat buangan dan residu keluar tubuh melalui anus atau lubang kloaka.


Sumber :
Buku Materi Perkuliahan Fisiologi Hewan FKIP BIOLOGI UNIVERSITAS KUNINGAN.

Tidak ada komentar: