Pages

Rabu, 03 Agustus 2011

Transport melalui membran

transport melalui membran dapat berlangsung dengan cara :
  1. Osmosis, adalah pergerakan molekul-molekul air melalui membran permeabel selektif menuju kelarutan yang relatif mengandung zat terlarut dengan konsentrasi yang lebih tinggi.
  2. Difusi, merupakan gerakan molekul-molekul zat terlarut dalam suatu larutan melalui atau tanpa melalui membran permeabel selektif dari tempat dengan konsentrasi lebih tinggi menuju tempat dengan konsentrasi lebih rendah.
  3. Filtrasi, adalah pergerakan air, biasanya mengandung zat terlarut karena adanya tekanan hidrostatik melalui membran filtrasi, misal filtrasi glomelurus.
  4. Difusi terbantu, atau faciliatediffusion adalah transpor atau pengangkutan melintasi membran menuju ke arah gradien konsentrasi yang lebih rendah dengan bantuan protein pembawa (carrier proteins)
  5. Transport aktif, transport yang dilakuklan secara aktif melalui protein pembawa melintasi membran tergantung pada gradien konsentrasi, dalam hal ini tergantung pada banyaknya protein pembawa yang ada, banyaknya substrat, dan ATP.
  6. Cotransprt, dimana protein pembawa mentransport 2 macam substansi yang berbeda masuk atau keluar membran secara simultan, contohnya transpor glukosa dan ion Na+ bersam-sama.
  7. Counter transport, berlangsung dimana protein pembawa transport 2 macam substansi yang berbeda kearah yang berlawanan secara simultan, contoh pompa ion K+ dan ion Na- atau K+/Na- pump.

Tidak ada komentar: