PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Biologi
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Jalaksana
Kelas/Program : Kelas XI / IPA
Tahun Pelajaran : 2008/2009
Semester | NoSK | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Keterangan |
I | 1 2 | 1.1. Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan 1.2. Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan 1.3. Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan 2.1. Mengkaitkan struktur fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system gerak pada manusia 2.2. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system peredaran darah manusia dan hewan 2.3. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu Uji Kompetensi 1 Uji Kompetensi 2 Uji Kompetensi 3 Uji Kompetensi 4 Uji Kompetensi 5 Uji Kompetensi 6 | 13 8 8 13 15 16 2 2 2 2 2 2 | |
| | Jumlah | 85 | |
II | 2 | 2.4. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system respirasi manusia dan hewan tertentu 2.5. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system eksresi manusia dan hewan tertentu 2.6. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system koordinasi (saraf, endokrin, indra) pada manusia dan hewan tertentu 2.7. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system reproduksi organisme 2.8. Sistem pertahanan tubuh Uji Kompetensi 1 Uji Kompetensi 2 Uji Kompetensi 3 Uji Kompetensi 4 | 16 16 18 18 2 2 2 2 | |
| | Jumlah | 76 | |
Kuningan, 14 Juli 2008
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. S. Sumardjo, M.Pd. SUSYANA, M.Pd.
NIP. 130522217 NIP. 131720644
PROGRAM SEMESTER GANJIL
Mata Pelajaran : Biologi
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Jalaksana
Kelas/Program : XI/IPA
Tahun Pelajaran : 2008/2009
A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
I. Banyaknya Pekan Dalam Semester
No. | Nama Bulan | Banyak Pekan | Jumlah Pekan Efektif | Jumlah hari Efektif |
1 | Juli 2008 | 4 | 2 | 10 |
2 | Agustus 2008 | 5 | 5 | 25 |
3 | September 2008 | 4 | 3 | 15 |
4 | Oktober 2008 | 4 | 2 | 10 |
5 | Nopember 2008 | 5 | 5 | 25 |
6 | Desember 2008 | 4 | 0 | 0 |
7 | Januari 2009 | 1 | 0 | 0 |
| Jumlah | 27 | 17 | 85 |
II. Banyaknya Pekan Yang Tidak Efektif
1. Libur Smt Genap 2006/2007 : 2 Pekan
2. Awal Tahun Ajaran : - Pekan
3. Libur Awal Ramadhan : 1 Pekan
4. Libur Idul Fitri : 2 Pekan
5. Ulangan Umum : 2 Pekan
6. Persiapan Pembagian Lapor : 1 Pekan
7. Libur Semester Ganjil : 2 Pekan
8. Cadangan : - Pekan
Jumlah : 10 Pekan
III. Banyaknya Pekan Yang Efektif 17 Pekan
IV. Banyaknya Jam Pelajaran Yang Efektif 85 Jam
B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
No. SK | Kompetensi Dasar | Alokasi (Jam Pel) |
1 2 | 1.1. Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan 1.2. Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan 1.3. Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan 2.1. Mengkaitkan struktur fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system gerak pada manusia 2.2. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system peredaran darah manusia dan hewan 2.3. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu | 13 8 8 13 15 16 |
| Uji Kompetensi 1 Uji Kompetensi 2 Uji Kompetensi 3 Uji Kompetensi 4 Uji Kompetensi 5 Uji Kompetensi 6 | 2 2 2 2 2 2 |
| Jumlah | 85 |
PROGRAM SEMESTER GANJIL
SATUAN PENDIDIKAN : SMAN 1 Jalaksana
KELAS/PROGRAM : XI/IPA
TAHUN PELAJARAN : 2008/2009
NO | Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Bulan / Minggu | Ket | |||||||||||||||||||||||||||||
Juli | Agustus | Septemb | Oktober | Nopemb | Desemb | Januari | |||||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||
1 | Siswa mampu menginterpretasi organisasi seluler serta mengkaitkan struktur jaringan dan fungsi pada sitem organ, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan teknologi dan masyarakat 1.1. Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan | 13 | | | 5 | 5 | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Uji Kompetensi 1 | 2 | | | | | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| 1.2. Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan | 8 | | | | | | 5 | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Uji Kompetensi 2 | 2 | | | | | | | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| 1.3. Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan | 8 | | | | | | | | 5 | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Uji Kompetensi 3 | 2 | | | | | | | | | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | Siswa mampu menganalisis system organ pada organisme tertentu serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (Salingtemas). 2.1. Mengkaitkan struktur fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system gerak pada manusia. | 13 | | | | | | | | | | 5 | | 5 | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Uji Kompetensi 4 | 2 | | | | | | | | | | | | | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
NO | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Bulan / Minggu | Ket | |||||||||||||||||||||||||||||
Juli | Agustus | Septemb | Oktober | Nopemb | Desemb | Januari | |||||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||
| 2.2. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system peredaran darah manusia dan hewan | 15 | | | | | | | | | | | | | | | | 5 | 5 | 5 | | | | | | | | | | | | | |
| Uji Kompetisi 5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | 2 | | | | | | | | | | | | |
| 2.3. Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu | 16 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | 3 | 5 | 5 | 3 | | | | | | | | | |
| Uji Kompetensi 6 | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | 2 | | | | | | | | | |
|
| ||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar