Pages

Rabu, 27 Juli 2011

STRUKTUR UMUM TUMBUHAN


STRUKTUR UMUM TUMBUHAN

Anatomi Tumbuhan  adalah ilmu yang mempelajari tentang sruktur dalam        dari tumbuhan.


Secara umum dunia tumbuhan dibagi menjadi Tumbuhan berpembuluh atau Tracheophyta  dan tumbuhan tidak berpembuluh atau Thallophyta.

Tumbuhan berpembuluh dibagi menjadi dua kelompok:,
1.     mempunyai alat reproduksi tersembunyi sebagaimana ditemukan pada paku-pakuan, mencakup divisi Lycophyta dan Arthrophyta.
2.     tumbuhan berbiji yang sering disebut Spermatophyta

Tumbuhan berbiji dibagi menjadi Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dan Angiospermae (tanaman berbiji tertutup).


PERKEMBANGAN EMBRIO HINGGA DEWASA

Biji yang mengandung tumbuhan dalam keadaan embrio diselubungi oleh kulit biji dan dibekali dengan sumber makanan cadangan. Embrio terdiri dari sumbu halus dengan titik tumbuh pada apeks batang dan apeks akar. Makanan cadangan dapat disimpan dalam keping biji maupun dalam jaringan khusus yaitu endosperm.

Pertumbuhan batang dan akar berkembang terjadi pada titik tumbuh yang menghasilkan jaringan meristem, dan akan berdiferensiasi menghasilkan bermacam-macam jaringan.

Tumbuhan memiliki pertumbuhan terbuka karena terdapat daerah yang tetap bersifat embrionik, yaitu jaringan meristem. Pada meristem terjadi penambahan sel baru, sementara sel lama berdiferensiasi menjadi bagian baru pada batang maupun akar.pertumbuhan ini disebut pertumbuhan primer. Banyak tumbuhan menebalkan akar dan batangnya dengan menambah jaringan pembuluh di dalam tubuhnya. Penebelan ini dihasilkan oleh kambium pembuluh dan disebut pertumbuhan sekunder. Dengan demikian di kenal adanya xilem primer dan xilem sekunder, floem primer dan floem sekunder. Kambium pembuluh mengakibatkan bertambah lebarnya batang dan akar dengan menambah jumlah xilem sekunder.


Setelah tumbuhan mencapai ukuran dewasa, terbentuklah bunga. Setelah polinasi, yakni berpindahnya serbuk sari ke kepala putik, terjadi pembuahan. Buah terbentuk dan menghasilkan biji sehingga daur hidup tumbuhan selesai.
Ada tumbuhan yang segera mati setelah membentuk biji disebut tumbuhan setahun atau annual, ada pula tumbuhan yang bertahun-tahun yang disebut perenial.

Tidak ada komentar: